Gantungan Kunci Karet

Gantungan Kunci Karet Produksi Gelar-Rubber.com terdiri dari beberapa jenis kategori, yaitu mulai dari Gantungan kunci karet Kristal (Crystal Rubber Keychain), Gantungan kunci karet Desain Exclusive, dan Gantungan kunci karet Desain Standard. Selengkapnya...

Gelang Karet

Produk karet buatan kami bisa digunakan juga untuk aksesoris-aksesoris seperti: - Gelang Karet Trendi dan Gaul untuk keperluan event, merchandise memberships, club, gift, promosi, dll. Selengkapnya...

Kursus Pelatihan Karet

Anda tertarik dan berminat untuk bisa memproduksi souvenir gantungan kunci karet sendiri? Kami membuka dan memberikan kursus pelatihan spesialis pembuatan gantungan kunci karet. Mulai dari Nol hingga Dijamin Bisa 100%. Selengkapnya Klik Di Sini

Dunia beruntung memiliki karet sebagai bahan pembuat berbagai macam barang kebutuhan manusia. Dari pakaian, keperluan rumah tangga, kendaraan, hingga peralatan perang, banyak menggunakan karet sebagai komponen pendukung dalam perakitannya. Hal ini tentu saja berkaitan erat dengan perkembangan industri karet yang semakin modern. Lewat perkembangan teknologi dalam industri karet, jika awalnya hanya digunakan untuk menghapus tulisan pensil, kini karet dapat digunakan untuk membuat beragam jenis barang kebutuhan manusia.

Patut diketahui bahwa pada masa sebelum bangsa Eropa melakukan ekspedisi besar-besaran untuk mencari wilayah baru, karet alam telah dikenal oleh bangsa Indian. Orang Indian memanfaatkan getah hasil penyadapan pohon Para untuk membuat bola. Bola tersebut mereka gunakan dalam permainan tradisional Indian, Lacrosse.

Berbicara tentang industri karet, maka kita patut berterima kasih kepada tokoh yang satu ini. Salah seorang tokoh pionir dalam industri karet modern bernama Thomas Hancock. Pria kelahiran Inggris 8 Mei 1786 berhasil menciptakan teknologi baru dalam pengolahan lateks atau getah karet. Kemudian beliau juga memelopori perkembangan industri karet , dengan mendirikan pabrik pengolahan karet di London, Inggris, pada tahun 1820.

Pada era sebelum Hancock, industri karet telah ada dan cukup berkembang. Pabrik pabrikĀ  di Inggris telah memproduksi pakaian dari bahan dasar karet. Seperti jas hujan berlapis karet ciptaan Charles Macintosh yang diberi nama, Macintosh Raincoat.

Namun produk yang dihasilkan pada masa itu memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan produk karet pada masa itu adalah sifatnya yang sangat terpengaruh oleh perubahan cuaca. Kelemahan tersebut membuat seorang ilmuwan bernama Charles Goodyear melakukan penelitian untuk dapat mengatasinya. Penelitian itu pun berhasil. Dengan memanaskan campuran lateks dan belerang, Charles Goodyear mampu menghasilkan produk karet baru yang lebih kuat dan tidak terpengaruh oleh cuaca. Proses pencampuran karet dan belerang tersebut kemudian disebut dengan proses vulkanisasi.

Dari penemuan proses vulkanisasi tersebut, Thomas Hancock menemukan ide baru. Hancock berhasil menciptakan mesin pengolah karet yang disebut dengan Masticator. Mesin tersebut dapat melakukan proses vulkanisasi secara otomatis, serta mampu mendaur ulang karet bekas menjadi produk baru. Penemuan mesin Masticator disebut sebagai tonggak awal perkembangan industri karet modern dunia. Kini kita tidak hanya mengenal lateks dari pohon Para sebagai tumbuhan penghasil karet, industri karet modern telah memperkenalkan karet sintetis yang bersifat sama dengan lateks. Bermacam-macam barang telah dihasilkan industri karet untuk membantu manusia dalam memudahkan kehidupannya.

Categories: Info

Leave a Reply